Kamis, 20 Agustus 2009

Menulis Efektif?


Menulis terlihat mudah tapi terkadang susah. Susah dipahami, sukar dimengerti, sulit diketahui pesan yang ingin disampaikan. Tak jarang diantara kita, termasuk saya menulis banyak hal dengan maksud menyampaikan pesan agar melakukan apa yang kita inginkan. Tetapi menjadi berbeda kemudian di benak pembaca dalam memahami. Praktis apa yang kita inginkan seketika gagal terealisasi.
Entah perasaan saya saja atau sebagian dari kawan-kawan juga merasakan banyak dari buku-buku sekarang lebih sukar dimengerti dikarenakan bahasanya sangat ilmiah-asing-penuh serapan. Mungkin saja kalau dipikiran saya sang penulis agar terlihat sok intelek, berpendidikan, serta sangar. Mungkin saja. Saya sendiri juga hanya menerka saja.
“Pada dasarnya Indonesia itu sedang mengalami dependensia politik serta kekuatan oligarki lama yang masih bercokol sehingga masih membelenggu segenap sendi kehidupan kita, disisi lain logika geertzian masi diamini oleh masyarakat kita”

Di atas tulisan yang membuat orang bingung, hingga pesn yang disampaikan tidak dapat dipahami.
Saya juga masih belajar untuk memahami sekian tips dan trik menulis yang baik. Menukil dari salah satu buku yang pernah saya baca besutan dari Jack Trout 1999 Ada sepuluh caramenulis/berkomunikasi yang jelas. Diantaranya adalah:
1. Biasakan menulis dengan kalimat-kalimat pendek. Hindari kalimat panjang yang beranak-pinak(anak-anak kalimat)
2. Gunakan dan pilih kata-kata yang sederhanadan dimengerti khalayak anda. Hindari kata-kata teknis yang hanya dimengerti kalangan terbatas
3. Gunakan kata-kata yang familiar atau biasa dipakai awam
4. Buang dan hindari kalimat-kalimat yang tidak perlu
5. Berikan tindakan dalam kata kerjayang anda pakai
6. Tulis seperti anda bicara(gunakan bahasa percakapan)
7. Gunakan istilah-istilah yang dapat dikhayalkan oleh pembaca anda
8. Rangkaikan dengan pengalaman pembaca anda
9. Gunakan beberapa variasi
10. Tulis untuk berekspresi, bukan mengimpresi
Mengenai tips dan trik diatas apakah kawan-kawan hendak mengikuti atau tidak….terserah kawan-kawan sekalian.
link gb

0 komentar:

Posting Komentar