Jumat, 18 Februari 2011

Irisan Telor Asin di Tiap Menu Urap



Akhir-akhir ini Ibu begitu sering menyajikan masakan dipadu dengan lauk telor asin. Juga di menu kesukaanku yakni urap. Saat saya tanya dimana belinya?Ibu mengatakan bahwa beliau membuat sendiri. Herannya saat saya cicip rasanya lebih enak daripada telor asin stempelan yang biasa mudah didapat di toko kelontong kebanyakan. Karena saya tidak pernah melihat ibu dalam proses pembuatan telor asin tersebut, maka pertanyaan saya memberondong bak peluru densus 88 menghantam gerombolan teroris yang enggan menyerah.

“Kapan Ibu bikinnya?”
“Bukannya proses pembuatannya amat ribet Bu?”
“Kok saya gak pernah lihat ibu mukulin bata untuk direndam bersama telor-telor bebek?”

Ibu lalu tersenyum simpul. Tanpa banyak bicara ibu lalu mengajari saya untuk membuat telor asin nikmat cara praktis. Saya pun belajar mengasinkan telor dengan ibu saat jeda waktu pekan lalu.

Memang benar bila salah satu lauk pauk yang mudah pembuatannya serta mengandung gizi yang tinggi maupun protein yang besar adalah telor asin. Bila kawan-kawan membayangkan akan sulit dalam proses pembuatan serta akan sangat amat ribet, saya akan berbagi tips untuk membuat telor asin menjadi lebih praktis dan higienis dari hasil belajar dari ibu saya. Berikut ini cara untuk membuatnya.

  • Pilih telor yang bermutu baik 
  • Cucilah dan bersihkan telor dari kotoran yang melekat  dengan menggunakan ‘sepet’ atau sabut kelapa. Lebih baik lagi bila memakai air hangat
  • Keringkan telor yang telah dicuci lalu Gunakan lap agar proses berjalan lebih cepat.
  • Amplas dengan sabut aluminium (biasa dipakai untuk mencuci piring) seluruh permukaan telor secara merata agar pori-porinya terbuka. Ketika mengamplas jangan terlalu keras dan jangan terlalu lama sebab kulit telor akan menjadi tipis sehingga bias menjadi mudah retak atau pecah.
  • Setelah itu dijemur di bawah terik matahari
  • Buat adonan pengasin cair. Pertama-tama rebus garam kotak (bukan bubuk) dengan perbandingan 1 balok kotak garam dengan 2 gelas besar untuk 20 butir telor bebek yang hendak diasinkan.
  • Setelah adonan yang berupa cairan tadi dingin, tuanglah ke dalam wadah plastik.
  • Setelah dijemur telor, angkat dari sinar matahari dan simpan serta susun telor dalam wadah plastik. Jangan lupa tambahkan gula pasir 2 sendok makan ke dalamnya.
  • Tutup rapat-rapat telor di dalam wadah plastik tadi hingga kurang lebih 10-16 hari. Setelah sesuai dengan harinya, bersihkan telor dan pastikan telor tetap dalam keadaan utuh dan bagus.
  • Bila  ingin telor asin dapat lebih tahan lama, rendam telor dalam larutan teh selama ± 1 minggu. Hal ini dilakukan agar zat tanin yang terkandung dalam daun teh dapat menutupi pori-pori kulit telor yang sebelumnya terbuka akibat proses pengampelasan.
  • Bersihkan dan rebus telor asin hingga benar-benar masak.
  • Telor asin siap dinikmati

.
Komposisi
Satuan
Telur Ayam
Telur Bebek (Itik)
Telur Bebek Asin
Kalori
kal
162
189
195
Protein
g
12,8
13,1
13,6
Lemak
g
11,5
14,3
13,6
Hidrat arang
g
0,7
0,8
1,4
Kalsium
mg
54
56
120
Fosfor
mg
180
175
157
Besi
mg
2,7
2,8
1,8
Vitamin A
S.I.
900
1230
841
Vitamin B-1
mg
0,10
0,18
0,28
Air
g
74
70,8
66,5

komposisi nilai gizi yang terkandung dalam telur 


gambar minjem dari sini

2 komentar: